YANG BIKIN JERAWAT RAJIN MUNCUL

Posted: 19/06/2011 in Uncategorized

Jerawat memang bisa membuat seseorang tidak percaya diri dan kadang menjadi stres. Untuk tahu bagaimana cara mengatasinya harus diketahui dulu apa penyebabnya. Ini dia hal-hal yang bisa bikin jerawat.

Jerawat yang tumbuh dibagian tubuh manapun memang bisa membuat pemandangan menjadi tidak sedap. Beberapa hal diketahui bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di kulit, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (9/6/2011) yaitu:

1. Kelenjar minyak yang terlalu aktif

Kelenjar yang dikenal sebagai sebaceous ini terletak jauh di dalam kulit tapi terhubung ke sebuah kanal yang disebut folikel yang berisi rambut. Jika kelenjar keringat terlalu aktif maka minyak yang diproduksi juga berlebih sehingga menutupi pori-pori dan memicu jerawat.

2. Stres

Salah satu efek fisiologis dari stres adalah perubahan hormon yang secara teoritis bisa menyebabkan jerawat. Serta stres yang dialami bisa memperparah luka akibat jerawat.

3. Infeksi bakteri

Bakteri Propionibacterium acnes adalah penghuni normal kulit yang menggunakan sebum sebagai nutrisi. Orang yang berjerawat diketahui memiliki jumlah bakteri yang lebih banyak, dan membentuk asam lemak bebas yang meningkatkan proses peradangan di folikel.

4. Genetik

Susunan genetik seseorang mempengaruhi tingkat produksi minyak di kulit, sehingga turut berperan dalam memicu jerawat.

5. Tersumbatnya pori-pori kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat sehingga sebum tidak bisa keluar dari kulit. Penyumbat yang paling sering adalah akibat komedo, baik yang hitam atau pun putih.

6. Peradangan

Kulit yang merah, bengkak dan tidaknyaman adalah karakteristik dari peradangan. Pada jerawat peradangan bisa disebabkan oleh bakteri atau zat-zat beracun yang dihasilkan.

7. Efek hormonal

Jerawat hormonal tidak hanya dialami olah remaja tapi juga pada orang dewasa. Jerawat ini dipicu oleh produksi hormon androgen yang menstimulasi kelenjar sebaceous.

8. Anatomi folikel rambut

Bentuk anatomi folikel rambut tertentu bisa membuat kulit rentan jerawat karena membuat sebum dan sel-sel kulit mati terjebak di dalamnya. Akumulasi ini akan menyumbat permukaan pori-pori yang memicu benjolan kecil dan jerawat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s